Feng Shui yang memiliki arti harafiah 'angin dan air' merupakan seni pengetahuan kuno Cina untuk mencapai keserasian dan keharmonisan antara manusia dengan alam. Dan sebenarnya pemakaian fengshui amat luas, tidak terbatas pada masalah tata-letak ruang dan bangunan saja. Fengshui juga bisa digunakan untuk berbagai hal, termasuk managemen usaha bisnis marketing, properti, ataupun bisnis usaha lainnya.

Seperti penggunaan 'Seni Perang Sun Tzu' yang sebenarnya merupakan pengetahuan strategi kuno dalam berperang, tetapi seiring perkembangan jaman maka Sun Tzu dapat dimanfaatkan sebagai sumber daya untuk manajemen bisnis. Dengan analogi serupa, Feng Shui pun dapat dipelajari dan dikaji lebih jauh untuk dipakai dalam pengembangan bisnis.

Pada dasarnya teori alam yang bisa dijabarkan oleh Feng Shui difokuskan kepada temuan dualisme dalam kehidupan manusia, yaitu Yin dan Yang. Kedua aspek itu merupakan pasangan komplementer saling mengisi yang membentuk suatu keseimbangan. Keharmonisan juga dapat dicapai apabila lima unsur bumi (Air, Api, Kayu, Logam, dan Tanah) dimengerti sebagai sifat-sifat keputusan manajemen. Kedua prinsip di atas itulah yang dapat digunakan dalam membuat langkah-langkah managerial yang penting.

0 comments
Your Ad Here